Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 2 (2021): Juli 2021

PENGGUNAAN MEDIA BLOK PECAHAN PADA MATERI PECAHAN BIASA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP BERHITUNG UNTUK SISWA KELAS IV SD

Zadulhaq, Ahmad Jajuli (Unknown)
V.Y, Indhira Asih (Unknown)
Alamsyah, Trian Pamungkas (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisi media pembelajaran Blok pecahan pada mata pelajaran matematika di kelas IV, khususnya materi pecahan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuasi Eksperimen. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen semu. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sindangraksa yang berjumlah 32 siswa. Pengambilan data diperoleh dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil kemampuan pemahaman konsep materi pecahan siswa di kelas eksperimen yang lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep siswa dikelas kontrol dilihat dari rata-rata nilai pada posttest kelas eksperimen yang menggunakan media blok pecahan yaitu 65, sedangkan rata-rata nilai posttest pada kelas control yang mengunakan media gambar yaitu 55, dan dapat disimpulkan bahwa pencapaian akhir dari kemampuan pemahaman konsep siswa yang menggunakan media blok pecahan pada kelas eksperimen dengan kategori baik, lebih baik daripada kelas kontrol yang menggunakan media gambar dengan kategori cukup.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...