Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter disiplin pada peserta didik dalam pelaksanaan di kelas IV dan hasil dari implementasi pendidikan karakter disiplin pada pesera didik kelas IV SDN Bhayangkari Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dari Miles and Huberman yang dikutip kembali oleh Sugiyono yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini dilakukan triangulasi data seperti wawancara dan pengamatan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui wawancara bahwa guru “memahami†terkait strategi pendidikan karakter disiplin pada peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas IV. Hasil dari observasi guru dalam implementasi pendidikan karakter disiplin pada peserta didik dapat disimpulkan bahwa guru “memahami†pendidikan karakter disiplin kepada peserta didik, serta hasil dari observasi peserta didik dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki dampak “baik†dengan tercapainya tujuan mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin dalam mendukung layanan kualitas belajar untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran pada penerapan di kelas.  
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021