Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 1 (2021): Maret 2021

Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dalam Mendukung Layanan Kualitas Belajar Siswa Kelas IV SD

Rohmah, Nadia (Unknown)
Hidayat, Sholeh (Unknown)
Nulhakim, Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pendidikan karakter disiplin pada peserta didik dalam pelaksanaan di kelas IV dan hasil dari implementasi pendidikan karakter disiplin pada pesera didik kelas IV SDN Bhayangkari Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif dari Miles and Huberman yang dikutip kembali oleh Sugiyono yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini dilakukan triangulasi data seperti wawancara dan pengamatan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan melalui wawancara bahwa guru “memahami” terkait strategi pendidikan karakter disiplin pada peserta didik dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas IV. Hasil dari observasi guru dalam implementasi pendidikan karakter disiplin pada peserta didik dapat disimpulkan bahwa guru “memahami” pendidikan karakter disiplin kepada peserta didik, serta hasil dari observasi peserta didik dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki dampak “baik” dengan tercapainya tujuan mengimplementasikan pendidikan karakter disiplin dalam mendukung layanan kualitas belajar untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran pada penerapan di kelas.  

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...