Banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi teori musik, hal ini disebabkan karena kurang efektifnya metode pembelajaran yang digunakan oleh dosen dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas penggunaan metode eurhythmic dalcroze terhadap kemampuan membaca ritmis notasi musik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis true experiment dengan pretest-posttest control group design dimana terdapat 2 (dua) kelompok yaitu kelompok kontrol yang menggunakan metode drill dan kelompok eksperimen menggunakan eurhythmic dalcroze.  Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 32 orang. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Independent Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai  t hitung 6,026 maka terdapat perbedaan kemampuan membaca ritmis dengan metode drill dan metode eurhythmic dalcroze. Dari hasil peningkatan mean kelas eksperimen yaitu 85,01% lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu 34,15%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eurhythmic lebih efektif daripada metode drill dalam kemampauan membaca ritmis notasi musik.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020