Journal of Education Action Research
Vol 4, No 4 (2020): NOVEMBER 2020

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Metode Everyone Is A Teacher Here

Fitriah, Putri Imarotul (Unknown)
Yulianto, Bambang (Unknown)
Asmarani, Ratih (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2020

Abstract

Dalam pembelajaran disekolah para guru harus berinovasi dalam hal mengajar dan bisa menjadikan peserta didik lebih terampil ketika berbicara dikelas, dalam hal menyampaikan pendapat, berdiskusi dan presentasi didepan kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengwtahui hasil peningkatan keterampilan komunikasi melalui penerapan metode Everyone Is A Teacher Here kelas III di SD Negeri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya yaitu siswa kelas III SD Negeri. Objeknya yaitu keterampilan komunikasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II, antara lain: (1) Hasil penelitian aktivitas guru siklus I adalah 80% dengan kategori berhasil, sedangkan siklus II adalah mencapai 94,5% dengan kategori sangat berhasil; (2) Hasil penelitian aktivitas siswa siklus I adalah 86,5% dengan kategori sangat berhasil, sedangkan siklus II adalah mencapai 90% dengan kategori sangat berhasil; (3) hasil pembelajaran peningkatan keterampilan komunikasi  siklus I adalah 50% berada dikriteria tuntas, sedangkan siklus II adalah 83,33% berada dikriteria tuntas karena sudah melebihi nilai ketuntasan klasikal yakni ≥ 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Everyone Is A Teacher Here (ETH) dapat  meningkatkan kualitas keterampilan komunikasi  siswa kelas III di SD Negeri.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...