Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 1 (2021): Mei 2021

Profil Konsep Diri terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V SDN Mangunharjo

Apriani, Lucky Adelia (Unknown)
Setianingsih, Eka Sari (Unknown)
Sulianto, Joko (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2021

Abstract

ya konsep perkembangan diri, kurangnya disiplin dalam belajar, disiplin masuk kelas dan disiplin mengerjakan tugas. Permasalahan lain yaitu siswa kurang menghargai waktu dalam mengerjakan tugas dan juga masuk kelas. Fokus penelitian ini adalah bagaimana profil konsep diri terhadap motivasi belajar siswa kela V SDN Mangunharjo Semarang. Tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui profil konsep diri terhadp motivasi belajar siswa kelas V SDN Mangunharjo Semarang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif, menggunakan metode observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Konsep perkembangan diri sudah diterapkan di SD N Mangunharjo melalui kegiatan pembiasaan. Perkembangannya konsep diri itu berpengaruh dengan lingkungan di dalam kelas yakni terhadap perkembangan karakter anak.  Adanya kerja sama yang baik antara siswa dan adanya sikap toleransi.Kata Kunci: Konsep Diri, Motivasi Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...