Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 4, No 2 (2021): Agustus 2021

Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru

devi, diyah prasisca (Unknown)
Wiyasa, I Komang Ngurah (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besaran kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS di SD Gugus VII Kecamatan Abiansemal tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah 47 orang. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Sampling Total. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 47 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metodee non tes dengan instrument pengumpulan data berupa kuesioner/angket pada variabel bebas yaitu kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja, pencatatan dokumen untuk variabel terikat yaitu kinerja guru. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan berganda setelah uji prasyarat terpenuhi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Terhadap kontribusi yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan rhitung = 0,733 > rtabel = 0,294 dan kontribusinya sebesar 54%. (2) Terdapat kontribusi yang signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja guru dibuktikan berdasarkan rhitung = 0,784 > rtabel = 0,294 dan kontribusinya sebesar 61%. (3) Terdapat kontribusi yang signifikan secara bersama-sama antara kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru dapat dibuktikan berdasarkan rhitung = 43,674 > rtabel = 0,294 dan kontribusinya sebesar 66%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja berkontribusi yang signifikan terhadap kinerja guru SD Gugus VII Kecamatan Abiansemal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...