Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 3, No 1 (2020): Mei 2020

EFEKTIFITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN WORD SQUARE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Dewi, Komang Try Septiana (Unknown)
suarjana, i made (Unknown)
Renda, Ndara Tanggu (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas Perangkat Pembelajaran Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di  Kelas V SD. Pengembangan perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di  Kelas V SD. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah development research dengan model 4D yang telah di modifikasi dari penelitian pengembangan 4D dari La Ose (2017), yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate dengan keterbatasan hanya dilakukan penyebaran rencana pelaksanaan pembelajaran pada wali kelas tanpa diadakan uji coba. Hasil analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di  Kelas V SD diperoleh validitas isi instrumen sebesar 0.77 pada kategori kuat. Berdasarkan hasil  analisis diperoleh simpulan yakni analisis Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendekatan Realistik Berbantuan Word Square Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika di  Kelas V SD diperoleh validitas isi instrumen dinyatakan valid. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk dapat mengembangkan model perangkat pembelajaran dan mengkaitkannya dengan mata pelajaran lain, sehingga nantinya dapat menambah khasanah ilmu pengetahuan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...