Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 3, No 3 (2020): November 2020

Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA

Artawan, Putu Gede Oki (Unknown)
Kusmariyatni, Nyoman (Unknown)
Sudana, Dw. Ny. (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan non-equivalent post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD. Sampel diambil dengan teknik random sampling. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan statistik deskriptif dan uji-t independent. Hasil penelitian menujukkan bahwa hasil belajar IPA kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 18,04>15,23. Hasil perhitungan uji-t independent diperoleh thitung = 2,533 dan ttabel = 2,0 (thitung > ttabel) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning berpengaruh terhadap hasil belajar IPA.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...