Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besarnya kontribusi: (1) kesiapan guru terhadap hasil belajar; (2) aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar; dan (3) kesiapan guru dan aktivitas belajar siswa dalam penggunaaan media kelas maya secara bersama-sama dengan hasil belajar siswa Jurusan Otomotif di SMKN 2 Kota Solok. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 52 guru dan 52 siswa yang diperoleh berdasarkan teknik propotional random sampling. Data yang diperoleh melalui instrument quesioner dilakukan uji persyaratan analisis dan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif, teknik korelasi, regresi linear sederhana dan regresi ganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) kesiapan guru berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 18,2%; (2) kontribusi aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar sebesar 27,1%; dan (3) kontribusi kesiapan guru dan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar secara bersama-sama sebesar 37,4%. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa Kesiapan Guru dan Aktivitas Belajar Siswa memiliki kontribusi positif yang signifikan dan memiliki peran yang penting terhadap Hasil Belajar siswa Jurusan Otomotif di SMKN 2 Kota Solok dalam penggunaaan media kelas maya pada pembelajaran daring.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021