Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 3, No 3 (2020)

Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Pengukuran Siswa

Susilo, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2020

Abstract

Kurangnya penggunaan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran membuat hasil belajar siswa dalam belajar menjadi rendah. Aspek kompetensi meliputi tiga ranah yaitu, pengetahuan, sikap dan keterampilan ketiga aspek tersebut harus terintegrasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, kemampuan pengetahuan, dan keterampilan siswa melalui penerapan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada kelas X SMK kompetensi keahlian multimedia, dengan materi pokok/kompetensi dasar molekul. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen/praktik pada pembelajaran fisika.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaborasi antara peneliti dan guru.Data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa adalah nilai rata-rata raport pada saat siswa masuk ke SMK serta untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran dengan rata nilai test pada setiap siklus dengan menggunakan metode eksperimen/praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil test tiap siklus. Dengan jumlah siswa sebanyak  32 orang sebelum pra siklus nilai rata-rata 6,03, siklus I nilai rata-rata 6,25, pada siklus ke II nilai rata-rata 7,58,. Berdasarkan analisa data tersebut dapat dilihat bahwa penerapan metode eksperimen/praktik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...