Kurangnya penggunaan metode pembelajaran dalam proses pembelajaran membuat hasil belajar siswa dalam belajar menjadi rendah. Aspek kompetensi meliputi tiga ranah yaitu, pengetahuan, sikap dan keterampilan ketiga aspek tersebut harus terintegrasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, kemampuan pengetahuan, dan keterampilan siswa melalui penerapan metode eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) pada kelas X SMK kompetensi keahlian multimedia, dengan materi pokok/kompetensi dasar molekul. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah eksperimen/praktik pada pembelajaran fisika.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaborasi antara peneliti dan guru.Data yang digunakan untuk mengetahui kemampuan awal siswa adalah nilai rata-rata raport pada saat siswa masuk ke SMK serta untuk mengetahui proses dan hasil pembelajaran dengan rata nilai test pada setiap siklus dengan menggunakan metode eksperimen/praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil test tiap siklus. Dengan jumlah siswa sebanyak  32 orang sebelum pra siklus nilai rata-rata 6,03, siklus I nilai rata-rata 6,25, pada siklus ke II nilai rata-rata 7,58,. Berdasarkan analisa data tersebut dapat dilihat bahwa penerapan metode eksperimen/praktik dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Copyrights © 2020