Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Buleleng, memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Somatic Auditory Vizualitation Intellectually (SAVI) berbantuan Icebreaker terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Kecamatan Buleleng pada tahun perimbelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian semu dengan desain non-equivalent post-test only group design. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh siswa kelas V SD Gugus V Kecamatan Buleleng.yang berjumlah 128 orang. Berdasarkan tehnik random sampling dipatkan sampel sebagai kelompok eksperimen yaitu kelas V SDN 1 Petandakan dengan jumlah siswa 25 orang, sedangkan kelompok kontrol yaitu kelas V SDN 1 Nagasepaha dengan jumlah siswa 25 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes yaitu tes pilihan ganda yang berjumlah 30 butir soal. Data yang telah terkumpul kemudian diolah dengan statistic deskripti dan statistic inferensial. Rata-rata hasil belajar IPA yang diperolah kelompok eksn lebih besar jika dibandingkan dengan kelompok kontrol (18,34>15,78). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menggunakan uji-t menunjukkan thitung 3,598 dan ttabel dengan taraf signifikansi 5% didapatkan 2,021. Berdasarkan hasil pengujian thitung > ttabel (3,598 > 2,021), sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Somatic Auditory Vizualitation Intellectually berbantuan Icebreaker terhdap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus V Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2021