Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 3, No 3 (2020): November 2020

Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Kelas 4 SD

Nugroho, Alycia Novena (Unknown)
Airlanda, Gamaliel Septian (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2020

Abstract

Masalah yang dihadapi tentang proses penilaian di seolah dimana guru cenderung memberikan soal dengan tingkatan kognitif rendah dan jawaban singkat, sehingga kurang diperhatikannya keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis pembelajaran IPA  kelas 4 SD. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain penelitian dan pengembangan (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah Intrument penilain keterampilan berpikir Kritis.  Hasil analisis pada 15 butir soal uraian validitas menurut review para ahli diperoleh hasil yang baik. Berdasarkan hasil validasi dari pakar materi dinyatakan valid dan kelayakan mencapai angka 77%. Hasil validasi pakar instrumen dinyatakan valid dan kelayakan mencapai angka 70,5%. Sedangkan hasil validasi pakar bahasa mencapai angka 75,5%.  Instrumen peniliaian yang telah dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan valid dan dapat digunakan sebagai penilaian keterampilan berpikir kritis IPA untuk siswa kelas 4 SD.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...