Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru
Vol 3, No 2 (2020): Agustus 2020

DAYA TANGKAP SISWA TERHADAP PESAN MORAL DAN NILAI KARAKTER PADA FILM ANIMASI MOANA

Fatriyah, Faridatul (Unknown)
Adhi Prasetyo, Singgih (Unknown)
Ardiyanto, Asep (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukan bahwa siswa sekolah dasar memiliki intensitas waktu yang sering dalam menonton tayangan televisi ketika berada dirumah. Padahal terdapat beberapa tayangan di televisi yang tidak diperuntukan untuk siswa sekolah dasar. Hal tersebut yang menjadikan dasar peneliti untuk menganalisis nilai-nilai karakter yang ada pada film animasi Moana. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tangkap siswa sekolah dasar dalam menangkap pesan moral dan nilai-nilai karakter pada film animasi Moana. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitiatif dengan metode diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak catat, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Penelitian dilaksanakan di lingkungan Desa Pundung Putih Ungaran dengan subjek penelitian adalah siswa sekolah dasar.Peneliti melakukan analisis terdapat lima belas nilai karakter dari delapan belas nilai karakter acuan yang terkandung dalam film animasi Moana. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa setiap siswa dapat menangkap dua sampai enam karakter. Hampir setiap siswa dapat menemukan nilai karakter jujur, kerja keras dan peduli lingkungan dalam film. Kesimpulannya film animasi Moana dapat dijadikan sebagai contoh penanaman nilai-nilai karakter pada siswa sekolah dasar dan dapat dijadikan sebagai media dalam mengembangkan nilai-nilai karakter dengan tetap memerlukan pendampingan dari guru dan orangtua. Kata kunci : Nilai karater, Film Moana, Siswa Sekolah Dasar 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIPPG

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Jurnal Ilmiah ...