Journal on Education
Vol 2 No 3 (2020): Journal On Education: Volume 2 Nomor 3

Tahap Preliminary Research Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Game pada Materi Persamaan Trigonometri di Kelas XI MIA

Astuti Astuti (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Ahmad Syakir (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran berbasis game menggunakan metode inkuiri berorientasi pemecahan masalah, mengetahui kefektifan penggunaan modul dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik serta mengetahui tanggapan peserta didik terhadap penggunaan modul dalam pembelajaran pada materi persamaan trigonometri. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan rancangan penelitian pengembangan dengan mengadopsi model Plomp yang meliputi beberapa fase seperti: 1) Preliminary Research, 2) Prototyping Phase, 3) Assessment Phase. Berdasarkan Priliminary Research diperoleh perlunya dikembangkan modul pembelajaran matematika berbasis game pada materi persamaan trigonometri, hal ini dikarenakan hasil belajar peserta didik pada materi persamaan trigonometri sangat rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

joe

Publisher

Subject

Education

Description

Journal On Education is a journal that publishes articles related to research (Case Study, Qualitative, Quantitative, Action Research), or development in the field of education such as early education, basic education, secondary education, out-of-school education, higher education, assessment in ...