Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 2, No 2 (2019): 4th National Seminar on Guidance and Counseling (SNBK 2019) and Workshop on Peda

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa

Dinah Dinah (Unknown)
Yus Darusman (Unknown)
Fajar Nugraha (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe sramble dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran ppkn. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan sampel yaitu dengan mengggunakan cara nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive,. Metode pengumpulan data yag digunakan adalah tes hasil belajar, observasi, angket dan dokumentasi. penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble pada pembelajaran PPKn yaitu 52 dari skor tertinggi 60 ( kategori tinggi ). Adapun skor akhir hasil belajar siswa  mengalami kenaikan yang signifikan yaitu pada pra-siklus rata-rata nilai siswa 57, 15  dari nilai 5 siswa yang tuntas  dan 21 siswa tidak tuntas, sedangkan pada saat siklus I mencapai rata-rata  73,31  dari 11 siswa yang tuntas dan 10 siswa yang tidak tuntas sedangkan  hasil siklus II yaitu dengan rata-rata nilai siswa 82,54  dari 18 siswa yang tuntas dan 5 siswa yang belum tuntas.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...