Rumusan masalah adalah apakah ada pengaruh belajar berbasi kognitif terhadap efektivitas dan kreativitas belajar peserta didik di Kelas X MAN Sibolga tahun pelajaran 2018-2019? Tujuan penelitian adalah apakah ada pengaruh belajar berbasi kognitif terhadap efektivitas dan kreativitas belajar peserta didik di Kelas X MAN Sibolga tahun pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Untuk melakukan pengujian hipotesis rumus yang digunakan adalah korelasi produk moment. Hasil perhitungan koefisien korelasi tersebut adalah rhitung 1,00 dan rtabel 0,244 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dan disimpulankan bahwa (1,00 > 0,244), dan taraf signifikan 1% adalah 0,244. Kesimpulkan penelitian adalah ada pengaruh belajar berbasis kognitif terhadap efektivitas dan kreativitas belajar peserta didik PPKn di SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan.
Copyrights © 2021