NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 8, No 1 (2021): NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

PENGARUH BELAJAR BERBASIS KOGNITIF TERHADAP EFEKTIVITAS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMA MUHAMMADIYAH 11 PADANGSIDIMPUAN

Putoro Dongoran (Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Rumusan masalah adalah apakah ada pengaruh belajar berbasi kognitif terhadap efektivitas dan kreativitas belajar peserta didik di Kelas X MAN Sibolga tahun pelajaran 2018-2019? Tujuan penelitian adalah apakah ada pengaruh belajar berbasi kognitif terhadap efektivitas dan kreativitas belajar peserta didik di Kelas X MAN Sibolga tahun pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Untuk melakukan pengujian hipotesis rumus yang digunakan adalah korelasi produk moment. Hasil perhitungan koefisien korelasi tersebut adalah rhitung 1,00 dan rtabel 0,244 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dan disimpulankan bahwa (1,00 > 0,244), dan taraf signifikan 1% adalah 0,244. Kesimpulkan penelitian adalah ada pengaruh belajar berbasis kognitif terhadap efektivitas dan kreativitas belajar peserta didik PPKn di SMA Muhammadiyah 11 Padangsidimpuan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...