KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika
Vol 1 No 1 (2020): KUANTUM: Jurnal Pembelajaran dan Sains Fisika

Perbedaan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Media Komputer Berbasis Visual Dan Tanpa Menggunakan Media Komputer Berbasis Visual Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sanana Kabupaten Kepulauan Sula

endang fitria (STKIP Kie Raha)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika kelas X MA Negeri 1 Sanana Kabupaten Kepulauan Sula yang diajar dengan menggunakan media visual dan tanpa menggunakan media visual pada konsep Hukum Newton. Variabel dalam penelitian ini adalah (1) variabel bebas yaitu pembelajaran dengan menggunakan media visual yang dilambangkan dengan X1 (2) variabel terikat yaitu hasil belajar fisika peserta didik yang dilambangkan dengan X2. Hasil dalam penelitian ini dengan menggunakan media komputer berbasis visual dan tanpa menggunakan media komputer berbasis visual diperoleh diperoleh thit=2,75 dan ttab =2,00 atau 2,75 > 2,00 pada taraf signifikan (α =0,05) dan Dk 70, hasil perhitungan data menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara menggunakan media pembelajaran barbasis visual dan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis visual yaitu sebesar 509 atau 14,68 %

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kuantum

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal KUANTUM adalah terbitan berkala ilmiah (e-ISSN: 2774-1966) yang menyajikan informasi-informasi terkini di bidang Pendidikan Fisika dan Sains Fisika, melalui artikel-artikel baik yang berbasis penelitian lapangan maupun kajian literatur. Melalui terbitan-terbitan ini, KUANTUM menempuh misi ...