Relativitas : Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika
Vol 3, No 1 (2020): Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR

Nasution, Juni (Unknown)
Hadiya, Izkar (Unknown)
Faradhillah, Faradhillah (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 May 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik pada materi Suhu dan Kalor. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental. Proses pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, penilaian afektif dan psikomotorik. Teknik analisis data menggunakan Independent sample Test. Hasil penelitian diperoleh signifikansi = 0,000 yang berarti nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil penilaian afektif  pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata sebesar 82, pertemuan kedua sebesar 83, dan rata-rata pertemuan ketiga sebesar 84. Hasil penilaian psikomotorik pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata sebesar 81, pertemuan kedua sebesar 86, dan rata-rata pertemuan ketiga sebesar 89. Hasil analisis respon siswa terhadap Problem Based Learning diperoleh persentase sangat setuju (SS) sebesar 59%, setuju (S) 30%, tidak setuju (TS) 8%, dan sangat tidak setuju (STS) sebesar 3%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning dengan pendekatan saintifik terhadap hasil belajar siswa pada materi suhu dan kalor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

relativitas

Publisher

Subject

Education Physics Social Sciences

Description

Physics Learning Development of physics teaching materials Development of teaching media physics Development of models and methods of teaching physics Development of physical learning evaluation Physics Learning Curriculum Pedagogic Physics Difficulties Students in learning Physics Development of ...