Potensi pariwisata Kabupaten Tapanuli Tengah sangat besar, perlu dukungan sumber daya manusia yang cerdas dan kreatif atau terampil berkarya. Melalui tangan-tangan kreatif generasi muda Kabupaten Tapanuli Tengah yang dididik melalui pembelajaran prakarya di satuan pendidikan SMP/MTs dan diharapkan berkelanjutan ke satuan pendidikan yang lebih tinggi, potensi pariwisata nantinya akan lebih maju dan berkembang serta punya daya tarik tersendiri dengan pernak-pernik hasil kerajinan tangan masyakat lokal. Oleh karena itu materi pembelajaran prakarya seharusnya dilengkapi dengan materi yang spesifik sesuai warisan budaya kearifan lokal kabupaten Tapanuli Tengah.Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan buku Prakarya SMP/MTs. dengan mengadopsi atau memasukkan materi kearifan lokal Tapanuli Tengah. 2) mengetahui tingkat kelayakan pemakaian buku Prakarya Berbasis Kearifan Lokal SMP/MTs. Tapanuli Tengah. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan buku Prakarya SMP/Mts Tapanuli Tengah. Teknik sampling pada penelitian menggunakan Purposive Sampling merupakan sampel bertujuan dilakukan dengan cara mengambil subyek bukan didasarkan atas strata, random atau daerah tetapi didasarkan atas adanya tujuan tertentu (Arikunto, 2013:183). Teknik analisa data menggunakan analisis statistik deskriptif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan, bahwa : 1) pengembangan buku Prakarya kewirausahaan dalam rangka menopang industri Pariwisata Daerah Tapanuli Tengah layak digunakan dengan hasil pencapaian nilai rata-rata setiap aspek di atas 85 dan pencapaian tingkat uji kelayakan 89,4%.
Copyrights © 2021