JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 1 (2021): 2021

Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun Puisi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Ahcievement Division) Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Prabumulih

Feronika, Feronika (Unknown)
Wardarita, Ratu (Unknown)
Wardiah, Dessy (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Pembangun Puisi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Ahcievement Division) Siswa Kelas X SMK Negeri 2 Prabumulih. Metode yang digunakan ialah metode deskriptif kuantitatif. Data berupa tes digolongkan sebagai data kuantitatif dan data yang berupa observasi digolongkan sebagai data kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan pada siswa mulai dari siklus I sampai Siklus III dan terjadi peningkatan disetiap siklusnya yaitu rata-rata siklus I, II dan III menjadi 87%. Peningkatan juga terjadi pada observasi yang dilakukan oleh guru yaitu pada siklus I, II dan III meningkat menjadi 95%. Melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu menjadi 95%. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi mengganalisis unsur pembangun puisi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TKR 1 SMK Negeri 2 Prabumulih.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...