JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 5 No. 2 (2021): 2021

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV SD

Andrianto, Silvina (Unknown)
Neviyarni, Neviyarni (Unknown)
Irdamurni, Irdamurni (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis teka-teki silang untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D, yaitu define, design, develop dan disebarluaskan. Penelitian ini dibatasi pada model 3D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 dengan tema 9 Kaya di Negeriku. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dan lembar kepraktisan (angket respon guru). Pada proses validasi, LKS divalidasi oleh 1 ahli materi, 1 ahli desain dan 1 ahli bahasa. Dalam proses kepraktisan, LKPD diujikan oleh 1 orang guru. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKS untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD menghasilkan LKPD yang memenuhi criteria sangat valid dengan persentase penilaian 91,3% dan memenuhi criteria sangat praktis dengan persentase 97,1%. Dengan aspek validasi materi valid (86,7%), desain sangat valid (97,1%), dan aspek kebahasaan sangat valid (90%). Sedangkan aspek praktis isi materi sangat praktis (100%), desain teknis sangat praktis (100%), penggunaan media sangat praktis (100%), komunikasi cukup praktis (100%), dan pengemasan. Formatnya sangat praktis (100%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKS untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas IV SD valid dan praktis untuk digunakan sebagai sumber belajar di kelas IV SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...