Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 5 No 2 (2021): Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika: Volume 5 Nomor 2, In press

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ditinjau dari Gaya Kognitif Visualizer dan Verbalizer Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika

Dewi Novitasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Heni Pujiastuti (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Ria Sudiana (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
05 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui kemampuan berpikir tingkat tinggi ditinjau dari gaya kognitif visualizer dan verbalizer siswa dalam menyelesaikan soal Matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 6 orang siswa kelas XI IPA 1. Instrumen penelitian berupa angket gaya kognitif, tes kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan wawancara. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa bergaya kognitif visualizer tahap menganalisis tergolong cukup, siswa mampu mengidentifikasi informasi dalam soal tetapi tidak menyebutkan secara lengkap. Pada tahap mengevaluasi tergolong kurang, siswa visualizer kurang mampu menilai, menyangkal dan memberikan alasan. Pada tahap mencipta tergolong cukup, siswa visualizer cukup mampu merancang penyelesaian Namun, kesulitan dalam memvisualisasikan dari bentuk verbal ke bentuk visual. Siswa bergaya kognitif verbalizer tahap menganalisis tergolong sangat baik, siswa verbalizer mampu menganalisis dan menyebutkan informasi secara lengkap. Pada tahap mengevaluasi tergolong kurang, siswa verbalizer kurang mampu menilai, menyangkal dan memberikan alasan. Pada tahap mencipta tergolong baik, siswa verbalizer mampu merancang penyelesaian serta memvisualisasikan bentuk objek dari verbal ke visual.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika is a journal on mathematics Education. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika (JC) is under the auspices of the Faculty of Education, Mathematics Education Program of the Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. The journal is registered with E-ISSN: ...