Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D)
Vol 2, No 1: November 2019

Pengaruh Strategi Polya terhadap Kemampuan Proses dalam Literasi Matematika Materi Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu

Igit Setiono (Universitas Bengkulu)
Agus Susanta (Universitas Bengkulu)
Abdul Muktadir (Universitas Bengkulu)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi Polya terhadap kemampuanproses dalam literasi matematika materi bangun ruang siswa kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Adapun metode penelitian yang digunakan adalahkuasi eksperimen dengan menerapkan the matching only pretest-posttest control group design.Sampel penelitian yang diperoleh adalah siswa kelas VA dan VB SD Negeri 68 Kota Bengkulu.Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis berupa tes uraian materi bangun ruang yang dapatmengukur kemampuan literasi Matematika pada komponen proses. Analisis data hasil penelitian inimenggunakan analisis inferensial yaitu uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatpengaruh penggunaan strategi Polya terhadap kemampuan konten dalam literasi Matematika materibangun ruang siswa kelas V SD Negeri 68 Kota Bengkulu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

dikdas

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar (JP3D) menerima sumbangan tulisan yang belum pernah diterbitkan dalam media lain. Tulisan hendaknya berkenaan dengan permasalahan di bidang pendidikan dasar, baik yang berkaitan dengan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) maupun pendidikan di ...