LINEAR: Journal of Mathematics Education
Volume 1 Nomor 2 Desember 2020

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS X PADA MATERI SPLDV DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA

sutriyaningsih sutriyaningsih (Universitas Tidar)
Suciati Suciati (Unknown)
Zulia Maulidatul Munawaroh (Unknown)
Elly Elviani (Unknown)
Baihaqi Al-A'la (Unknown)
Fadhilah Rahmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kulitatif. Subjek dalam penelitian sebanyak 20 siswa dari kategori hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah. Data pada penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas X MAN 1 Magelang. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sedangkan instrument bantu dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan berpikir kreatif pada materi SPLDV dan hasil ulangan siswa.Dengan mengacu pada indikator kemampuan berpikir kreatif yang terdiri dari kefasihan, fleksibilitas, dan kebaruan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa siswa dalam kategori berpikir kreatif matematis sedang adalah siswa dengan hasil belajar tinggi dan kategori berpikir kreatif matematis siswa rendah adalah siswa dengan hasil belajar sedang dan rendah.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

linear

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments, from many kinds of research such as survey, research ...