Sasaran kinerja Musyawrarah Guru Mata Pelajaran Sekolah dalam membantu guru untuk menyusun Rencana Pelaksaan Pelajaran guru Sain IPA sekolah menengah pertama Banda Aceh menjadi suatu bebann kerja guru. Beratnya beban kinerja guru dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 di sekolah-sekolah SMP perlu disahuti oleh kelompok kerja MGMP atau focus diskusi group guru sain guna menyukseskan aplikasi K-13 secara sempurna. Responden dalam penelitian ini melibatkan lima orang tenaga pendidik dari 18 guru pada 10 sekolah mitra tahun pelajaran 2019/2020 yang diambil secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan obsevasi langsung dengan subjek penelitian yang berkaitan dengan diskusi dan musyarawah mata pelajaran. Hasil penelitian ini memeperlihatkan bahwa kerja keras guru dalam menyusun RPP IPA dengan Kurikulum 2013 menggunakan peran musyawarah guru berhasil sangat baik. Perkembangan perolehan kinerja guru dalam kategori baik dan tuntas dalam menyusun RPP IPA mulai siklus I, II dan III ada peningkatan melalui kerja musyawarah guru. Kita mengharapkan ada peningkatan pemahaman guru dan kualitas mengajar menjadi lebih baik dengan pola focus diskusi group untuk menyusun RPP IPA atau media belajar lainnya. Ini dapat dimaknai bahwa dengan melakukan forum diskusi /musawarah guru mata pelajaran dapat mendukung pelaksanan Kurikulum 2013 di SMP Banda Aceh menjadi sangat baik.
Copyrights © 2020