Jurnal Biology Education
Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Biology Education

Pemanfaatan Pekarangan Sekolah Sebagai Media Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV di Mit Al-Jannah Banda Aceh

Juairiah Juairiah (Kepala MIT Al-Jannah Kota Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Pekarangan Sekolah Sebagai Media Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas IV di MIT Al-Jannah Banda Aceh.”  Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat ketuntasan hasil belajar siswa dengan memanfaatkan pekarangan sekolah sebagai media pembelajaran IPA di  MIT Al-Jannah Banda Aceh.Sampel penelitian yaitu siswa kelas IVyangberjumlah17 orang. Hipotesis dalam penelitian ini adalah pemanfaatan pekarangan sekolah sebagai media pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajarsiswa di MIT Al-Jannah Banda Aceh. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswadengan memanfaatkan pekarangan sekolah sebagai media. Perbandingan hasil belajar sebelum memanfaatkan pekarangan sekolah siswa yang tuntas 6(35,3%) atau kategori sangat rendah, dan sesudah memanfaatkan pekarangan sekolah siswa yang tuntas 14(82,4%) dengan kategori sangat tinggi. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi ”Pemanfaatan perkarangan sekolah sebagai media pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIT Al-Jannah Banda Aceh,” diterima,

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jurnal-biologi

Publisher

Subject

Education Immunology & microbiology Social Sciences Other

Description

Jurnal Biology Education (Sarana Informasi Insan Akademis, Ilmiah dan profesional) p-ISSN: 2302-416X, e-ISSN: 2549-2330, dikelola oleh Prodi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Serambi Mekkah. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, pada bulan April dan ...