Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif
Vol. 2 No. 1 (2019)

TEORI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (CONE OF EXPERIENCE DAN BRUNER)

Supriyati, Supriyati (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2019

Abstract

Media pembelajaran memiliki peran penting dalam menyampaikan materi pendidikan dan sebagai acuan dalam pemilihan pesan pembelajaran sertamenentukan aktivitas belajar siswa. Tercapainya misi dan tujuan pendidikan erat kaitannya dengan kurikulum, penyediaan sumber-sumber belajar,media pembelajaran serta pendekatan pembelajaran. Media pembelajaran memiliki fungsi sebagai jembatan yang menyampaikan pesan berupa materi pembelajaran antara pemberi pesan yakni guru, kepada penerima pesan, yakni peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa kemampuan peserta didik dalammenerima pesan-pesan pendidikan dalam materi kegiatan belajar mengajar tidak sama. Ada peserta didik yang mampu menerima dan menangkappesan-pesan tersebut dengan cepat, ada pula yang harus dengan usaha ekstra dari guru. Hal inilah yang sering dikeluhkan guru mengenai sulitnyamemeratakan penerimaan materi kepada semua didik. Penulis memandang kasus ini disebabkan karena kurangnya pemahaman guru terhadap manfaatpenggunaan media pembelajaran serta kurangnya pengetahuan mengenai media pembelajaran yang efektif. Media mampu memberikan stimulus pikiran,perasaan, perhatian, dan kemauan peserta didik, sehingga dapat mendorong proses belajar. Jika guru mampu menggunakan media yang baik dan tepat,maka proses pembelajaran akan berlangsung efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

DI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus And Scope Focus Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif adalah jurnal yang berisi artikel hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. Scope Strategi Pembelajaran Desain dan Metode Pembelajaran ...