Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa melalui model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 4 Kalirandu yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan non-tes. Instrumen tes berupa soal evaluasi sedangkan non-tes berupa lembar observasi, angket, dan dokumen. Data motivasi belajar siswa diperoleh dari lembar angket motivasi belajar siswa dan data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil soal evaluasi. Hasil penelitian motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 69 dan siklus II mencapai rata-rata 79, sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai persentase ketuntasan 71,05% dan pada siklus II mencapai 93,48%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 4 Kalirandu.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019