Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif
Vol. 2 No. 2 (2019)

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING DI KELAS V SD NEGERI 4 KALIRANDU

Nanda Latifatunnisa, Nanda Latifatunnisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa melalui model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD Negeri 4 Kalirandu yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan non-tes. Instrumen tes berupa soal evaluasi sedangkan non-tes berupa lembar observasi, angket, dan dokumen. Data motivasi belajar siswa diperoleh dari lembar angket motivasi belajar siswa dan data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil soal evaluasi. Hasil penelitian motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 69 dan siklus II mencapai rata-rata 79, sedangkan prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai persentase ketuntasan 71,05% dan pada siklus II mencapai 93,48%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar siswa di kelas V SD Negeri 4 Kalirandu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

DI

Publisher

Subject

Education

Description

Focus And Scope Focus Dwija Inspira: Jurnal Pendidikan Multi Perspektif adalah jurnal yang berisi artikel hasil penelitian dan studi literatur yang berkaitan dengan bidang pendidikan dari tingkat Taman Kanak-kanak hingga Perguruan Tinggi. Scope Strategi Pembelajaran Desain dan Metode Pembelajaran ...