Statement : Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan
Vol. 7 No. 1 (2017): Statement | Jurnal Media Informasi Sosial dan Pendidikan

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI MATERI IMAN KEPADA KITAB-KITAB ALLAH PENDIDIKAN DENGAN PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DAN DISKUSI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 58 JAKARTA TIMUR

H. Usmin (SMK Negeri 58 Jakarta Timur)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2021

Abstract

Dalam dunia proses belajar mengajar, yang disingkat menjadi PBM kita kenal sebagai: " metode jauh lebih penting dari materi". Betapa pentingnya metode dalam proses pendidikan dan pengajaran, dan sebuah proses belajar mengajar bisa dikatakan tidak berhasil bila dalam proses tersebut tidak menggunakan metode. Karena metode menempati posisi ke dua terpenting setelah tujuan dari sederetan komponen pembelajaran yaitu meliputi: tujuan, metode, materi dan evaluasi. Untuk itu seorang guru bukan hanya dituntut untuk bisa menguasai bebarapa metode dan pendekatan emosional yang akan di tetapkan saja, tetapi guru juga harus bisa menguasai teknik pengelolaan kelas, terampil mengajar, pemanfaatan sumber belajar, menguasai emosional siswa, penguasaan kondisi kelas dan sebagainya. Teknik pengelolaan kelas dan penguasaan emosional siswa, biasanya sangat tergantung pada metode pengajaran guru di saat kegiatan belajar mengajar berlangsung. Jika guru kurang jeli dalam memilih metode mengajar, maka akan menimbulkan kondisi yang jenuh, membosankan, monoton, dan kurang direspon oleh siswa. Dalam penerapan metode ceramah, guru bukan hanya membuat para siswa pasif, melainkan guru membeimbing siswa untuk selalu aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan. Karena dalam penerapan metode Tanya jawab ini di selingi juga dengan metode diskusi. Melalui hasil peneilitian ini menunjukkan bahwa metode pemberian tugas belajar dan resitasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari semakin mantapnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan guru (ketuntasan belajar meningkat dari sklus I, II, dan II) yaitu masing-masing 68,18%, 77,27%, dan 86,36%. Pada siklus III ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah tercapai

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

statement

Publisher

Subject

Religion Education

Description

jurnal ini diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Studi Kebijakan yang bernaung dibwah Perkumpulan Masyarakat Peduli Pendidikan (PMPP), menerima naskah hasil penelitian dalam bidang ilmu sosial diantaranya pendidikan, agama dan kajian ilmu sosial ...