Jurnal PTI (Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi)
Vol. 5 (2018) No. 2

Kontribusi Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK)

Rini Sefriani (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
Wilza Penika (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2018

Abstract

Masih rendahnya hasil belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi siswa kelas XII SMAN 10 Padang, sehingga penting dilakukan penelitian terkait hasil belajar. Penelitian in bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar TIK. Penelitian dilakukan di SMA N 10 Padang kelas XII tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA N 10 Padang. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Propotional Random ampling. Jumlah sampel penelitian sebanyak 165 siswa. Hasil penelitian menunjukkan, perhitungan rhitung=0,482 > rtabel=0,153 dan uji signifikan di peroleh thitung=7,022 dan ttabel=1,975, sehingga dapat dikatakan thitung (7,022)>ttabel (1,975) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya terdapatnya kontribusi kecerdasan emosional sebesar 23.23 % terhadap hasil belajar TIK.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jpti

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal PTI terbit dua kali setahun yaitu, pada bulan Juni dan Desember. Jurnal PTI menerima dan menerbitkan artikel-artikel ilmiah dari hasil penelitan dan kajian analisis dibidang Pendidikan Teknologi Informasi dan bidang-bidang yang terkait ...