Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021

Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Materi Pokok Trigonometri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa

Murtalib Murtalib (STKIP Bima)
Dusalan Dusalan (STKIP Bima)
Marweli Marweli (Mahasiswa STKIP Bima)
Rohana Rohana (Mahasiswa STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
28 May 2021

Abstract

Penerapan pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi sehingga menyebabkan prestasi siswa tidak meningkat. Pembelajaran Kontekstual merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi belajar trigonometri siswa kelas X semester II Madrasah Aliah Negeri 3 Bima dan penerapannya akan disesuaikan dengan keadaan siswa dan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penerapan pembelajaran kontekstual yang menyangkut aktivitas dan hasil evaluasi belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian diarahkan pada siswa kelas X semester II Madrasah Aliah Negeri 3 Bima tahun pelajaran 2019/2020. Hasil evaluasi dan lembar observasi adalah alat untuk melihat kemampuan dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan data dianalisis dengan menggunakan analisis ketuntasan belajar dan analisis deskriptif untuk mengetahui penguasaan konsep. Ketuntasan belajar ³ 85% dan Penguasaan konsep >= 70 merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: Siklus I; rata-rata hasil belajar siswa 72,46 dan porsentase ketuntasannya 81,15%. Siklus II; rata-rata hasil belajar 75,53 dan porsentase ketuntasannya 86,5%. Sedangkan siklus III; rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,93 dan porsentase ketuntasannya adalah 91,6%. Hasil tersebut menunjukan sudah tercapainya indikator penelitian yang ditetapkan, berarti dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajara materi pokok trigonometri siswa kelas X semester II Madrasah Aliah Negeri 3 Bima tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...