cover
Contact Name
Syarifuddin
Contact Email
syarifmbojo2@gmail.com
Phone
+6285290880751
Journal Mail Official
bimaberilmu@gmail.com
Editorial Address
Jalan Lintas Sumbawa, RT. 009, RW. 003 desa Leu, Bolo, Bima, Nusa Tenggara Barat.
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
ISSN : 27972879     EISSN : 27972860     DOI : https://doi.org/10.53299/jppi.v1i1
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan pendidikan sekolah menengah, dan pendidikan tinggi, serta menerbitkan hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan non-formal. Untuk mengirim artikel pada JPPI, silahkan sesuaikan dengan template dan ketentuan yang berlaku pada jurnal ini.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 393 Documents
Visual Processing Assessment on Children: A Pilot Study Atmarita Atmarita; Syarifuddin Syarifuddin
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i1.18

Abstract

Visual Processing skill plays a key role on how children learn in some areas, such as math, reading, writing and others. This skill supports a child’s self-esteem in the areas of learning. The researcher aims to investigate the visual processing of a children on this age and see how visual processing works on the children. A children of 4.8 years old is the participant of the research. The researcher provide 3 kinds of visual processing assessment: visual discrimination, visual memory/visualization, and visual-motor integration. The first assessment shows that the children in this age recognized and well-discriminated the visual shapes provided. On the second assessment, he memorized where the specific shapes laid on, then he got the correct recognitions. Dealing with visual motor integration, he experienced the first puzzle and reflected on the second puzzle as he did the visual motor integration well. These visual assessments show that the visual processing in children is developing and becoming a significant variables of the children’s preferences of learning physically and mentally.
Pembelajaran Berbasis Konstruktivisme untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Himpunan Sri Wahyuningsih
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i1.19

Abstract

Pembelajaran pada hakekatnya adalah pembelajaran yang mampu berinteraksi dan mampu memahami materi pembelajaran di saat proses pembelajaran berlangsung. Salah satu diantaranya adalah pembelajaran melalui penggunaan pendekatan konstruktivisme yang merupakan alternatif dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok himpunan kelas VII D SMP Negeri 1 Kuripan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa melalui aktivitas belajar siswa dan hasil evaluasi belajar siswa setelah penerapan pembelajaran dengan pendekatan konstruktivisme. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yang memuat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi evaluasi dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 1 Kuripan yang terdiri dari 40 siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah : 1) tes hasil belajar yang diberikan setiap berakhirnya siklus belajar mengajar, 2) lembar observasi untuk memperoleh gambaran langsung tentang kegiatan belajar mengajar matematika melalui pembelajaran konstruktivisme. Sebagai indikator penelitian adalah adanya peningkatan rata-rata skor hasil balajar siswa maupun aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa yaitu pada siklus I, sebesar 69,39 dengan presentase ketuntasan 65%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 75,5 dengan presentase ketuntasan 85%, sedangkan skor aktivitas belajar siswa pada siklus I, rata-rata aktivitas siswa sebesar 2,66 dengan kategori cukup aktif,dan pada siklus II rata-rata aktivitas siswa sebesar 3,5 dengan kategori aktif. Nilai ini telah memenuhi kriteria sesuai dengan indikator penelitian yaitu adanya peningkatan rata-rata skor hasil belajar siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi pokok himpunan pada siswa kelas VII D SMP Negeri 1 Kuripan Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penggunaan alat peraga untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII MTs. Nw Mataram materi pokok himpunan Sri Suwartini Widjathi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i1.20

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa kelas VIIA MTs NW Mataram disebabkan pembelajaran oleh guru tanpa menggunakan media pembelajaran sehingga siswa mengalami kesulitan, kurang bersemangat, dan kurang termotivasi dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu agar proses pembelajaran berjalan dengan lancar maka diperlukan media pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan alat peraga yaitu sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar melalui penggunaan alat peraga. Penelitian dilaksanakan dengan prosedur penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIA dengan akltivitas belajar siswa siklus 1 pada pertemuan 1 dan 2 bertutut-turut sebesar 14,7 (aktif) dan 17 (sangat aktif) dan pada siklus II pertemuan 1 dan 2 berturut-turut sebesar 17,3 (sangat aktif) dan 17,6 (sangat aktif). Sedangkan untuk prestasi belajar siswa , persentasi ketuntasan klasikal 63,63% pada siklus I dan 90,90% pada siklus II. Nilai ini sudah memenuhi kriteria sesuai dengan indikator penelitian yaitu adanya peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIA, sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan alat peraga dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pokok himpunan kelas VIIA MTs NW Mataram tahun pelajaran 2011/2012.
Analisis Kesiapan Guru dalam Penulisan dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Syarifuddin Syarifuddin
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i1.21

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam menghasilkan dan mempublikasikan karya tulis ilmiah, baik dalam bentuk artikel ilmiah, laporan hasil penelitian, buku, dan jenis karya tulis ilmiah lainnya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah 23 orang guru yang terdiri dari guru sekolah dasar, guru sekolah menengah pertama, dan guru sekolah menengah atas, serta guru madrasah sederajat yang berada di wilayah kabupaten Bima yang bersedia memberikan tanggapan saat dilakukan penelitian. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari pertanyaan pilihan jawaban dan jawaban singkat. Pertanyaan tersebut disusun dalam bentuk google form dan edarkan secara online melalui media sosial whatsapp dan media sosial lainnya. Analisis data dengan mendeskripsikan pilihan jawaban maupun jawaban singkat dari responden kemudian mengelompokkannya berdasarkan kategori jawaban. Penelitian ini menunjukan tingkat kesiapan guru dalam menghasilkan karya tulis ilmiah masih rendah. Demikian juga dalam kesiapan maupun pengetahuan guru dalam mempublikasikan karya tulis ilmiah masih dalam kategori rendah. Porsentase guru yang pernah melakukan publikasi hasil penelitian sebesar 30.4%, dan porsentase guru yang pernah melakukan publikasi dalam bentuk buku hanya 8.7%. Porsentase tersebut berada pada kategori yang masih rendah.
Penerapan Pendekatan Kontekstual pada Materi Pokok Trigonometri untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Murtalib Murtalib; Dusalan Dusalan; Marweli Marweli; Rohana Rohana
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i1.22

Abstract

Penerapan pembelajaran yang tidak sesuai dengan materi sehingga menyebabkan prestasi siswa tidak meningkat. Pembelajaran Kontekstual merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan prestasi belajar trigonometri siswa kelas X semester II Madrasah Aliah Negeri 3 Bima dan penerapannya akan disesuaikan dengan keadaan siswa dan materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar melalui penerapan pembelajaran kontekstual yang menyangkut aktivitas dan hasil evaluasi belajar siswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Penelitian diarahkan pada siswa kelas X semester II Madrasah Aliah Negeri 3 Bima tahun pelajaran 2019/2020. Hasil evaluasi dan lembar observasi adalah alat untuk melihat kemampuan dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan data dianalisis dengan menggunakan analisis ketuntasan belajar dan analisis deskriptif untuk mengetahui penguasaan konsep. Ketuntasan belajar ³ 85% dan Penguasaan konsep >= 70 merupakan indikator yang digunakan untuk mengetahui peningkatan prestasi. Hasil penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: Siklus I; rata-rata hasil belajar siswa 72,46 dan porsentase ketuntasannya 81,15%. Siklus II; rata-rata hasil belajar 75,53 dan porsentase ketuntasannya 86,5%. Sedangkan siklus III; rata-rata hasil belajar siswa mencapai 75,93 dan porsentase ketuntasannya adalah 91,6%. Hasil tersebut menunjukan sudah tercapainya indikator penelitian yang ditetapkan, berarti dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajara materi pokok trigonometri siswa kelas X semester II Madrasah Aliah Negeri 3 Bima tahun pelajaran 2019/2020.
Analisis Keterampilan Metakognisi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Biologi di SMP Kota Ternate Ermin Ermin
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i1.25

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keterampilan metakognisi siswa pada mata pelajaran IPA Biologi SMP di Kota Ternate. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunkan pendekatan diskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel yaitu dengan menggunakan cara random, penentuan sampel dilakukan secara strata berdasarkan wilayah, yang terdiri dari SMP Negeri 4 wilayah kota dan SMP Negeri 11 wilayah pulau Ternate, denga jumlah sampel sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa SMP Negeri 4 dan 20 siswa SMP Negeri 11pulau Ternate. Data yang dikumpulkan berupa hasil tes, dengan jumlah sebanyak 5 soal dan bentuk soal esaay yang disusun berdasarkan tiga indikator peneilaian keterampilan metakognisi. Berdasrkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata keterampilan metakognisi siswa kelas VII SMP 4 Kota Ternate sebesar 57,18 dan SMP Negeri 11 pulau Ternate sebesar 48,63 dengan selisih perolehan 8,55 namun kedua sekolah masuk pada kategori Development, dapat dikatakan bahwa keterampilan metakognisi siswa masih rendah. Renadahnya keterampilan metakognisi siswa diduga karena guru belum memberdayakan keterampilan metakognisi dengan baik. Pendekatan pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional. Kata Kunci: Keterampilan metakognisi, Pelajaran IPA Biologi SMP
Penerapan Metode Diskusi Berbasis E-Learning dengan Penggunaan Aplikasi Edmodo, Zoom Cloud Meeting dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Materi Sistem Pencernaan pada Program Studi Keperawatan UIN Alauddin Makassar Nurul Khusnul Khotimah; Maria Ulfa Ashar; Nurhidayah Nurhidayah
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i1.31

Abstract

Metode diskusi merupakan upaya membahas suatu topik atau materi perkuliahan dengan cara bertukar pendapat dan informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Dalam konteks penelitian ini, metode pembelajaran berbasis e-learning menggunakan aplikasi Edmodo, Zoom Cloud Meeting dan Quizizz.. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah mata pelajaran yang menjadi sasaran yaitu siswa, bertujuan untuk memperbaiki situasi pembelajaran di kelas agar kualitas pembelajaran meningkat. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dengan penerapan Metode Diskusi Berbasis E-learning menggunakan aplikasi Edmodo, materi Zoom Cloud Meeting dan Quizizz digestion system pada Program Studi Ilmu Keperawatan UIN Alauddin Makassar Semester 4 Akademik. Tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diimplementasikan sebagai strategi pemecahan masalah. Dalam penelitian tindakan ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action) dan observasi (observasi). Ketuntasan hasil belajar pada pra siklus 36 siswa atau (57,14%) pada siklus I mencapai 48 siswa atau (76,19%) mengalami peningkatan sebanyak 12 siswa atau (19,05%), dan tingkat ketuntasan belajar siswa menurun. sebanyak 12 siswa (19,05%) dari jumlah siswa yang berjumlah 63 siswa. Pada siklus II tingkat ketuntasan mencapai 63 siswa atau (100%) terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 15 siswa atau (20,58%) dan tingkat ketuntasan siswa menurun sebanyak 7 siswa atau (23,81%). Penerapan metode diskusi berbasis E-learning dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Edmodo dan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi sistem pencernaan di Program Studi Ilmu Keperawatan UIN Alauddin Makassar Semester 4 Tahun Ajaran 2020/2021.
Pemberdayaan Lembar Kerja Siswa untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA pada Standar Kompetensi Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan di Kelas V Semester II SDN 61 Karara Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020 Siti Rukmini; Fitri Ningsi
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i1.38

Abstract

Pemberdayaan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Pada Standar Kompetensi Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan di Kelas V Semester II SDN 61 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ipa pada standar kompetensi mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan pada siswa kelas V semester II SDN 61 Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/ 2020 dengan jumlah siswa 20 orang. Tehnik analisa data kuantitatifyang digunakan adalah analisis deskriptif yaitu skor rata-rata dan persentase, sedangkan analisis data kualitatif meliputi analisis hasil observasi yang dilakukan selama siklus I dan siklus II. Dalam proses pembelajaran, saat guru mengajar pelajaran IPA di Kelas V Semester II SDN 61 Karara Kota Bima khususnya pada standar kompetensi mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan selalu terlihat peserta didik tidak aktif dalam mengikuti pelajaran, mereka terlihat tidak semangat dan tidak memiliki rasa antusias yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Oleh karenanya guru bertugas mencari solusi atas permasalahan tersebut. dalam hal ini guru memberdayakan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Pada Standar Kompetensi Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan di Kelas V Semester II SDN 61 Karara Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemberdayaan Lembar Kerja Siswa Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA Pada Standar Kompetensi Mengidentifikasi Fungsi Organ Tubuh Manusia dan Hewan di Kelas V Semester II SDN 61 Karara Kota Bima Tahun Pelajaran 2019/2020 dapat meningkatkan kemampuan pembelajaran mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Yakni terlihat dari nilai rata-rata siswa pada kondisi awal 62, nilai rata-rata siklus satu 67.35 dan pada siklus dua menjadi 84 hal ini telah melampaui KKM 70 dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 17 orang dan yang tidak tuntas 3 orang dan ketuntasan klasikal yaitu 85%.
Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021 Suwartiningsih Suwartiningsih
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Juli - Desember 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i2.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan. Penelitian ini menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dengan melibatkan tiga unsur yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus dan di awali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas IXb semester genap di SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 29 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 8 siswa (27,58 %), sedangkan siswa yang belum tuntas 21 siswa (72,42%), dengan nilai rata-rata 55,17. Pada siklus I siswa mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 15 siswa (51,72%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 14 siswa (48,28%) dengan nilai rata-rata 66,55. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 28 siswa (96,55%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 1 siswa (3,45%) dengan nilai rata-rata 80. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi tanah dan keberlangsungan kehidupan pada siswa kelas IXb semester genap di SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021.
Desain Video Pembelajaran Matematika dengan Aplikasi Microsoft Office Powerpoint Kunsa’aidah Kunsa’aidah
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Juli - Desember 2021
Publisher : Yayasan Pendidikan Bima Berilmu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53299/jppi.v1i2.43

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran matematika menjadi sesuatu yang dipandang sulit bagi kebanyakan siswa, hal ini memerlukan perhatian yang serius bagi guru matematika dalam mengajarkan matematika. Hasil observasi pada mata pelajaran matematika di SMPN 4 Monta motivasi belajar siswa cenderung rendah, yang disebabkan oleh Siswa kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi pelajaran, guru hanya memanfaatkan media papan tulis untuk menyampaikan dan menerangkan materi, dan Kemampuan dan pengetahuan guru tidak dapat ditrasfer dengan maksimal karena ketiadaan media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, perencanaan yang baik oleh guru matematika sangat menentukan minat dan motivasi siswa terhadap pelajaran matematika. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi faktor yang memperngaruhi pembelajaran matematika. Mengajarkan matematika pada siswa SMP memerlukan bantuan dari lingkungan untuk membantu mereka memenuhi tugas perkembangannya, dan pemanfaatan teknologi menjadi faktor penting yang membuat siswa dapat belajar dengan efektif. Salah satunya melalui penerapan media pembelajaran berbasis computer melalui desain video pembelajaran matematika dengan aplikasi microsoft office powerpoint. Hasil desain ini memberikan dampak yang baik terhadap siswa SMPN 4 Monta dalam mengikuti dan memahami pembelajaran matematika. Siswa lebih semangat mengikuti pelajaran karena visualisasi vidio yang ditampilkan, kemudian siswa mudah memahami pelajaran matematika karena materi sudah didesain dengan terstruktur.

Page 1 of 40 | Total Record : 393