Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 1 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Januari - Juni 2021

Penerapan Metode Diskusi Berbasis E-Learning dengan Penggunaan Aplikasi Edmodo, Zoom Cloud Meeting dan Quizizz untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Materi Sistem Pencernaan pada Program Studi Keperawatan UIN Alauddin Makassar

Nurul Khusnul Khotimah (UIN Alauddin Makassar)
Maria Ulfa Ashar (UIN Alauddin Makassar)
Nurhidayah Nurhidayah (UIN Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2021

Abstract

Metode diskusi merupakan upaya membahas suatu topik atau materi perkuliahan dengan cara bertukar pendapat dan informasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih. Dalam konteks penelitian ini, metode pembelajaran berbasis e-learning menggunakan aplikasi Edmodo, Zoom Cloud Meeting dan Quizizz.. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan kegiatan penelitian yang dilakukan terhadap sejumlah mata pelajaran yang menjadi sasaran yaitu siswa, bertujuan untuk memperbaiki situasi pembelajaran di kelas agar kualitas pembelajaran meningkat. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar dengan penerapan Metode Diskusi Berbasis E-learning menggunakan aplikasi Edmodo, materi Zoom Cloud Meeting dan Quizizz digestion system pada Program Studi Ilmu Keperawatan UIN Alauddin Makassar Semester 4 Akademik. Tahun 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang diimplementasikan sebagai strategi pemecahan masalah. Dalam penelitian tindakan ini dibagi menjadi 3 tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (action) dan observasi (observasi). Ketuntasan hasil belajar pada pra siklus 36 siswa atau (57,14%) pada siklus I mencapai 48 siswa atau (76,19%) mengalami peningkatan sebanyak 12 siswa atau (19,05%), dan tingkat ketuntasan belajar siswa menurun. sebanyak 12 siswa (19,05%) dari jumlah siswa yang berjumlah 63 siswa. Pada siklus II tingkat ketuntasan mencapai 63 siswa atau (100%) terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebanyak 15 siswa atau (20,58%) dan tingkat ketuntasan siswa menurun sebanyak 7 siswa atau (23,81%). Penerapan metode diskusi berbasis E-learning dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meeting, Edmodo dan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi sistem pencernaan di Program Studi Ilmu Keperawatan UIN Alauddin Makassar Semester 4 Tahun Ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...