Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI)
Vol. 1 No. 2 (2021): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), Edisi Juli - Desember 2021

Desain Video Pembelajaran Matematika dengan Aplikasi Microsoft Office Powerpoint

Kunsa’aidah Kunsa’aidah (SMPN 4 Monta)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2021

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran matematika menjadi sesuatu yang dipandang sulit bagi kebanyakan siswa, hal ini memerlukan perhatian yang serius bagi guru matematika dalam mengajarkan matematika. Hasil observasi pada mata pelajaran matematika di SMPN 4 Monta motivasi belajar siswa cenderung rendah, yang disebabkan oleh Siswa kurang memperhatikan pada saat guru menjelaskan materi pelajaran, guru hanya memanfaatkan media papan tulis untuk menyampaikan dan menerangkan materi, dan Kemampuan dan pengetahuan guru tidak dapat ditrasfer dengan maksimal karena ketiadaan media pembelajaran yang menarik. Oleh karena itu, perencanaan yang baik oleh guru matematika sangat menentukan minat dan motivasi siswa terhadap pelajaran matematika. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi faktor yang memperngaruhi pembelajaran matematika. Mengajarkan matematika pada siswa SMP memerlukan bantuan dari lingkungan untuk membantu mereka memenuhi tugas perkembangannya, dan pemanfaatan teknologi menjadi faktor penting yang membuat siswa dapat belajar dengan efektif. Salah satunya melalui penerapan media pembelajaran berbasis computer melalui desain video pembelajaran matematika dengan aplikasi microsoft office powerpoint. Hasil desain ini memberikan dampak yang baik terhadap siswa SMPN 4 Monta dalam mengikuti dan memahami pembelajaran matematika. Siswa lebih semangat mengikuti pelajaran karena visualisasi vidio yang ditampilkan, kemudian siswa mudah memahami pelajaran matematika karena materi sudah didesain dengan terstruktur.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jppi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) dengan p-ISSN: 2797-2879 dan e-ISSN: 2797-2860 merupakan jurnal pendidikan dan pembelajaran yang menerbitkan artikel hasil kajian teori dan hasil penelitian dibidang pendidikan dan pembelajaran pada satuan pendidikan sekolah dasar, satuan ...