Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 13, No 2 (2020): Oktober - Jurnal Teknologi Pendidikan

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULATOR LIFT 4 LANTAI BERBASIS PLC PADA MATA KULIAH OTOMASI INDUSTRI

Fera Puspitasari (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Endi Permata (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)
Mustofa Abi Hamid (Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2020

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berupa simulator lift 4 lantai berbasis PLC untuk menunjang proses pembelajaran pada mata kuliah Otomasi Industri. Penelitian ini dilaksanakan di jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro FKIP Untirta. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang sudah selesai mengambil mata kuliah Otomasi Industri. Penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini menggunakan Four-D Models yang dikenalkan oleh Thiagarajan. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: (1) Define (Pendefinisian atau analisis permasalahan sampai perumusan tujuan pengembangan), (2) Design (Perancangan media yang akan dihasilkan), (3) Develop (Pengembangan dilakukan setelah melalui uji coba ahli dan penggunan), dan (4) Disseminate (Penyebaran yaitu pengenalan media melalui pelatihan). Hasil penelitian pengembangan ini berupa kebutuhan media pembelajaran yang menunjang pembelajaran materi PLC. Hasil dari pengujian kelayakan Simulator lift 4 lantai berbasis PLC ini yaitu menurut para ahli pada aspek media mendapat skor 37 dengan kategori “Sangat Layak”  dan pada aspek materi mendapat skor 39 dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk tingkat kelayakan dari pengguna mendapat skor 34,45 dengan kategori “Sangat Layak”. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Simulator lift 4 lantai, Four-D ModelsAbstract: The purpose of this study is to develop learning media in the form of a PLC-based 4-floor elevator simulator to support the learning process in the Industrial Automation course. This research was conducted in the Department of Electrical Engineering Vocational Education FKIP Untirta. Research subjects are students who have finished taking Industrial Automation courses. The research development used in this study uses Four-D Models introduced by Thiagarajan. The steps of this research include: (1) Define (Defining or analyzing the problem until the formulation of the development goals), (2) Design (Design of the media that will be produced), (3) Develop (Development is carried out after going through expert trials and use), and (4) Disseminate (introduction of the media through training). The results of this research development in the form of learning media needs that support the learning of PLC material. The results of the feasibility testing of the PLC-based 4-floor elevator simulator that according to experts in the media aspect got a score of 37 with the category "Very Eligible" and in the material aspect got a score of 39 with the category "Very Eligible". For the level of eligibility of users got a score of 34.45 with the category "Very Eligible". Keywords: Learning Media, 4-floor elevator simulator, Four-D Models.  

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jtp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP) merupakan jurnal ilmiah yang memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian, kajian ilmiah dan pengembangan teknologi pendidikan yang memberi kontribusi pada pemahaman, pengembangan teori dan konsep keilmuan, serta aplikasinya terhadap pendidikan dan pembelajaran ...