Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran menulis dengan menggunakan model Demonstrasi, Menggambar dan Peer Editing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Parepare. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pemaparan data deskriptif kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi dari setiap pelaksanaan tindakan (proses pembelajaran), dan data kuantitatif diperoleh dari tes akhir setiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII5 yang berjumlah 34 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I hanya 60 dan meningkat menjadi 78,5 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan terhadap hasil penelitian pada siklus I dan siklus II disimpulkan bahwa, pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas VIII5 SMP Negeri 1 Parepare dengan menggunakan model Demonstrasi, Menggambar dan Peer Editing dapat meningkatkan kemampuan pada proses pembelajaran dan hasil pembelajaran menulis teks prosedur.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021