MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8, No 1 (2021): MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS KESIAPAN SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN E-LEARNINGDALAM MENGHADAPI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Ahmad Taufik Awami (Unknown)
Heni Pujiastuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2021

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui tingkat kesiapan siswa pada penerapan e-learning dalam proses pembelajaran matematika. Dan untuk mengetahui faktor apa saja yang perlu di perbaiki sehingga penerapan e-learning menjadi lebih efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan atau teori terhadap penelitian pada satu waktu tertentu. Subjek penelitian adalah 22 orang Siswa yang berasal dari 4 SMA Negeri dan 1 SMA Swasta di Provinsi Banten. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket semi terbuka. Teknik analisis yang dilakuakan menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa tidak siap dengan beberapa perbaikan dalam pembelajaran matematika menggunakan e-learning. Perbaikan yang diperlukan tersebut antara lain 1) membuat koneksi internet yang merata disetiap wilayah; 2) memberikan alokasi keuangan untuk penerapan e-learning; dan 3) membuat rencapa pelaksanaan pembelajaran online dengan jelas baik materi maupun penanaman konsep materi.Kata Kunci: Kesiapan, Matematika, E-Learning,

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

MAJU : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (e-ISSN 2579-4647 dan p-ISSN 2355-3782) merupakan publikasi ilmiah berkala yang diperuntukkan bagi dosen, mahasiswa dan pemerhati kependidikan untuk menyebarluaskan hasil kajian, pemikiran dan penelitian yang relevan dalam bidang pendidikan matematika dan ...