Abstrak: Peneitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan video edukatif YouTube matematika berbasis etnomatematika berbantuan powtoon materi bangun ruang sisi lengkung siswa SMP/MTs dan mengetahui respon siswa terhadap video edukatif YouTube berbasis etnomatematika berbantuan PowToon aplication sebagai media pembelajaran Matematika. Prosedur dalam pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis (analisis), Design (perancangan), Develop (Pengembangan), Implementasi (penerapan), dan Evaluation (Penilaian). Subjek penelitian ini adalah siswa MTs Muhammadiyah Bandar Lampung dan siswa SMPN 02 Abung Tinggi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian media pembelajaran oleh ahli untuk mengukur kevalidan media pembelajaran dan angket siswa untuk mengukur kemenarikan media pembelajaran. Pada uji lapangan skala besar yang diikuti oleh 30 siswa dari MTs Muhammadiyah dan 30 siswa dari SMPN 02 Abung Tinggi diperoleh skor rata-rata kemenarikannya 3,30 dan 3,49 pada kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa video edukatif YouTube berbantuan PowToon berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung siswa SMP/MTs layak untuk digunakan sebagai alat bantu proses pembelajaran.Kata Kunci: Video edukatif, YouTube, PowToon, Etnomatematika, Bangun Ruang Sisi Lengkung.
Copyrights © 2021