Natural Science: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA
Vol 4, No 1 (2018)

Tahap Validasi Lembar Essay Assessment Berbasis Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika di SMA

Ulmi, Fauziah (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2018

Abstract

Penelitian pengembangan essay assessment berbasis Creative Problm Solving (CPS) menggunakan 4-D model. Tahap-tahap dalam 4-D model terdiri dari define, desain, development dan disseminate. Hasil analisis dari tahap define menyataan bahwa kemampuan berpikir kreatif peserta didik di SMAN 7 Padang masih rendah dan diperlukan pengembangan lembar essay assessment berbasis creative problem solving. Setelah tahap define dilakukan, selanjutnya dilakukan tahap design (perancangan). pengembangan essay assessment dengan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Tahap selanjutnya adalah tahap develop (pengembangan) yang meliputi uji validitas, uji praktikalitas, dan uji efektivitas. Validasi terhadap essay assessment dilakukan dengan melalui tiga tahapan, yaitu tahap awal, revisi, dan tahap akhir. Tahap awal bertujuan untuk mendapatkan saran perbaikan dari validator terhadap essay assessment yang telah dibuat. Saran dan perbaikan dari validator digunakan sebagai pedoman untuk merevisi essay assessment yang telah dibuat. Setelah direvisi, essay assessment siap divalidasi akhir oleh validator sampai didapat essay assessment yang benar-benar valid untuk diujicobakan. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang mendeskripsikan hasil uji validasi essay assessment berbasis creative problem solving untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

naturalscience

Publisher

Subject

Chemistry Earth & Planetary Sciences Education Physics Other

Description

Jurnal Natural Science ini memuat artikel yang membahas aspek pendidikan Fisika, metode, model pembelajaran IPA Fisika, inovasi-inovasi pembelajaran, perangkat pembelajaran, dan aspek fisika murni. Tim redaksi menerima artikel ilmiah dari hasil penelitian, laporan studikasus, kajian dan tinjauan ...