JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 1 No 1 (2019): Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar)

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MULTIKULUTURAL PADA SISWA KELAS IV SDN V KEPULAUAN SULA BESI MALUKU UTARA

Nutfah A.M Arif (Unknown)
muti umanahu (STKIP Kie Raha Ternate)



Article Info

Publish Date
26 Feb 2019

Abstract

Kesadaran mulitkulutal merupakan proses perpaduan antara kognif dan afektif dimana pada proses ini anak dapat menggabungkan kedua aspek ini dalam mengantisipasi tindak perilaku yang mengarah pada kekerasan. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk meningkatkan kesadaran multikultural dengan menggunakan model pengajaran Role Playing. Role playing merupakan metode pengajaran yang yang di kemas dalam bentuk sosiodrama, di mana dalam proses pembelajaran ini anak memainkan peran yang berbeda yang masih berhubungan dengan perilaku sehari-hari sehingga di harapkan siswa dapat mengaplikasikan perilaku tersebut dalam dunia nyatanya Dalam metode ini, siswa dapat mengeksplorasi perasaan, sikap, nilai-nilai dan strategi pemecahan masalah. Metode ini membantu siswa untuk belajar tentang nilai-nilai sosial mereka dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Role playing juga dapat membantu siswa untuk mengoleksi dan mengorganisasi tentang isu-isu sosial, pengembangan empati dengan orang lain serta mencoba untuk meningkatkan ketrampilan sosial mereka (Joyce, 1996). Oleh karena itu peneliti merasa bahwa model ini cocok untuk meningkatkan kesadaran mulitikultural siswa sekolah dasar. Proses penelitian ini dilakukan berdasarkan prosedur penelitian tindakan yang diintegrasikan dalam mata pelajaran IPS dengan menerapkan metode role playing.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar) adalah terbitan ilmiah berkala yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Kie Raha Ternate. Melalui jurnal ini, para peneliti, penulis, guru, dan dosen di lingkup Pendidikan Guru Sekolah Dasar diajak untuk saling berbagi hasil ...