JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar)
Vol 2 No 2 (2020): Jurnal PENDAS: Pendidikan Dasar

DASAR-DASAR TEORI PEMBELAJARAN

Rachmatia Tauhid (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2020

Abstract

Teori adalah serangkaian bagian atau variabel, definisi dan dalil yang saling berhubungan yang menghadirkan sebuah pandangan sistematis mengenai fenomena dengan menentukan hubungan antarvariabel, dengan maksud menjelaskan fenomena alamiah. Behaviorisme adalah suatu pandangan atau aliran tentang kelakuan manusia. Berdasarkan teori ini belajar ditafsirkan sebagai latihan-latihan pembentukan hubungan antara stimulus dan respon. Menurut teori belajar konstruktifistik, suatu prinsip yang paling penting dalam pisikologi pendidikan adalah guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan pada siswa. Teori humanistik lebih mengedepankan sisi humanis manusia dan tidak menuntut jangka waktu pembelajar mencapai pemahaman yang diinginkan. Teori ini lebih menekankan pada isi/materi yang harus dipelajari agar membentuk manusia seutuhnya. Masalah internal dalam pembelajaran juga tidak bisa hanya dilihat dari sejauhmana guru mampu dan tidak dalam berbicara di depan kelas. Namun, yang lebih diutamakan adalah membaca dan memahami alur dari teori belajar itu sendiri. Saya mengambil contoh misalnya, banyak guru lebih suka menggunakan pendekatan aliran teori naturalisme dalam melihat proses pertumbuhan dan perkembangan terhadap peserta didik. Ada dua kemungkinan, yang pertama memang guru bersangkutan tidak benar-benar memahami karena acuh tak acuh alias malas membaca, kedua tidak ada pemahaman dan sudah tentu implikasinya pada persoalan praksis (mengajar)

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendas (Pendidikan Sekolah Dasar) adalah terbitan ilmiah berkala yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar di STKIP Kie Raha Ternate. Melalui jurnal ini, para peneliti, penulis, guru, dan dosen di lingkup Pendidikan Guru Sekolah Dasar diajak untuk saling berbagi hasil ...