Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis realistik menggunakan software Kvisoft Flipbook Maker Pro yang berkualitas dilihat dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development), sedangkan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar angket respon siswa, dan soal tes. Data yang diperoleh dari penelitian kemudian dianalisis dari segi kelayakan. Kelayakan modul, diantaranya valid, efektif, dan praktis. Berdasarkan segi validitas, skor rata-rata yang diberikan ahli media sebesar dengan kriteria “valid” sedangkan ahli realistik memberikan skor rata-rata sebesar dengan kriteria “valid”, dan ahli materi memberikan skor rata-rata untuk aspek pembelajaran sebesar 3,87 dengan kriteria “valid”. Berdasarkan segi kepraktisan, penilaian yang diberikan oleh siswa mendapatkan skor rata-rata sebesar dengan kriteria “sangat praktis”. Segi keefektifan dapat dilihat dari hasil pre-test dengan perolehan skor rata-rata dan hasil post-test dengan perolehan skor rata-rata dengan peningkatan presentase ketuntasan sebesar 65% sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif berdasarkan uji gain sebesar dengan kriteria”sedang”. Kata-kata kunci: Berpikir Kreatif , E-Modul, Realistic Mathematics Education.
Copyrights © 2020