Pencapaian hasil belajar memang sangat dipengaruhi oleh berbagai unsur. Unsur-unsur yang paling utama adalah unsur guru, siswa, kurikulum dan sarana prasarana pendukung pembelajaran. Namun yang terjadi disekolah-sekolah guru kurang memberikan kesempatan untuk melatih siswa dalam belajar menemukan jawabannya sendiri. Dengan model pembelajaran seperti ini banyak siswa yang semakin pasif dan cenderung merasa bosan. Model pembelajaran seperti ini, dirasakan kurang efektif dan efisien bagi hasil belajar siswa, karena siswa hanya dijejali dengan hafalan-hafalan mengenai konsep-konsep bukan bagaimana memahami dan menguasai konsep dalam memecahkan suatu persoalan, apalagi didukung oleh kurangnya kreativitas guru dalam menggunakan media selama proses pembelajaran, sehingga materi pembelajaran akan semakin sulit dipahami siswa. Dengan e-learning, belajar bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, melalui jalur mana saja dan dengan kecepatan akses apapun sehingga proses pembelajaran berlangsung secara efektif dan efesien. Dengan teknologi informasi, e-learning mampu menyediakan bahan ajar dan menyimpan instruksi pembelajaran yang dapat diakses kapanpun dan dari manapun. E-learning tidak membutuhkan ruangan yang luas sebagaimana ruang kelas konvensional. Dalam penelitian ini dirancang suatu sistem aplikasi e-learning yang dapat membagikan dan menampilkan informasi-informasi yang dibutuhkan oleh guru dan siswa berbasis web dan dapat diakses oleh pengguna secara online melalui internet
Copyrights © 2019