Griya Journal of Mathematics Education and Application
Vol. 1 No. 1 (2021): Maret 2021

Pemahaman Siswa Kelas VIII SMPN 2 Labuapi Pada Materi Relasi dan Fungsi Tahun Pelajaran 2019/2020

A’ayatul Maulana (Universitas Mataram)
Sripatmi Sripatmi (Universitas Mataram)
Junaidi Junaidi (Universitas Mataram)
Nani Kurniati (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kategori pemahaman siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi pada materi relasi dan fungsi tahun pelajaran 2019/2020 ditinjau dari empat jenis pemahaman Polya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 orang pada kelas VIII D. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Tes diberikan untuk mengukur pemahaman yang dimiliki siswa terhadap materi relasi dan fungsi yang terdiri dari tujuh soal dan dikerjakan dalam waktu 60 menit. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian menunjukkan bahwa kategori pemahaman siswa kelas VIII SMPN 2 Labuapi pada materi relasi dan fungsi ditinjau dari empat jenis pemahaman Polya yaitu pemahaman mekanikal, induktif, rasional dan intuitif berkategori sangat rendah dan untuk hubungan antara tiap jenis pemahaman rata-rata memiliki hubungan kuat.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Griya

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Griya Journal of Mathematics Education and Application adalah Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika yang dikelola oleh Program Studi S1 Pendidikan Matematika Universitas Mataram. Fokus dan ruang lingkup dari jurnal ini adalah artikel ilmiah baik berupa hasil penelitian, review artikel maupun ...