Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak
Vol 2, No 2 (2020): September

Implementasi Algoritma K-Neares Neighbor dalam Pengenalan Aksara Jawa Berbasis Android untuk Anak Sekolah Dasar

Elkaf Rahmawan Pramudya (Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)
Gilang Raharjito (Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)
Ajib Susanto (Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)
Muslih Muslih (Universitas Dian Nuswantoro, Semarang)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2020

Abstract

Teknologi saat ini berkembang semakin pesat sehingga memudahkan dunia pendidikan dalam melakukan proses belajar mengajar seperti kondisi saat ini yang sedang terkendala oleh wabah Covid-19 secara global sehingga siswa dan guru melakukan proses belajar mengajar di rumah. Berbagai aplikasi platform menawarkan proses pembelajaran online baik lewat learning management system (LMS), media sosial maupun jejaring sosial, akan tetapi beberapa materi perlu dilakukan pendekatan dan media khusus salah satu adalah materi pengenalan aksara Jawa bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD) membutuhkan sarana latihan dan penjelasan yang menyenangkan. Penelitian ini mengusulkan aplikasi pembelajaran aksara Jawa dengan menggunakan Algoritma K-NN untuk belajar mengenal aksara Jawa dan mendeteksi kecocokan dalam penulisan aksara Jawa yang dikemas dalam aplikasi Android yang menarik dan menyenangkan. Hasil pengujian K-NN berdasarkan nilai k yang paling akurat adalah k = 5 dengan hasil berhasil 54,9% dan hasil gagal 45,1% dan diperoleh pengujian kebenaran siswa dalam mengenal aksara Jawa adalah 86%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JINRPL

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Informatics and Software Engineering accepts scientific articles in the focus of Informatics. The scope can be: Software Engineering, Information Systems, Artificial Intelligence, Computer Based Learning, Computer Networking and Data Communication, and ...