Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT)
Vol 1 No 2 (2021)

Kontribusi Cara Belajar dan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Merakit Personal Komputer Kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 6 Padang

Putra, Rudi Khaizar (Unknown)
Slamet, Legiman (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Hasil belajar siswa kelas X Teknik Komputer Jaringan SMK Negeri 6 Padang yang rendah menjadi masalah utama yang melatarbelakangi penelitian ini. Sebesar 48,84% siswa memperoleh nilai hasil belajar di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari rentang 0-100, nilai KKM mata pelajaran merakit personal komputer yang ditetapkan sekolah ialah sebesar 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kontribusi cara belajar serta media pembelajaran pada hasil belajar mata pelajaran merakit personal komputer kelas X Teknik Komputer Jaringan di SMK Negeri 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Sampel diambil secara acak dengan teknik porposional random sampling. Data cara belajar dan media pembelajaran dikumpulkan melalui angket dengan skala likert yang sudah melalui pengujian validitas dan realibilitas. Dengan metode statistik berbantuan Microsoft Excel 2007 dan SPSS Version 16 data dianalisis dan diperoleh hasil bahwa cara belajar dan media belajar hanya menyumbang 1,1% terhadap hasil belajar. Dengan hasil ini, diperoleh kesimpulan bahwa cara belajar dan media pembelajaran memiliki kontribusi atas hasil belajar, semakin baik cara belajar siswa dan penggunaan media pada proses pembelajaran maka akan semakin baik juga hasil belajar yang akan didapat. Meski demikian tetap diperlukan perhatian dari seluruh elemen terhadap penggunaan media terutama internet.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

javit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Vokasi Informatika (JAVIT) merupakan jurnal berskala nasional yang berfokus pada publikasi penelitian dalam bidang pendidikan vokasi informatika. Semua artikel yang masuk ke JAVIT harus melalui proses peer-review yang cepat namun komprehensif yang ditangani oleh editorial yang professional. ...