E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Vol 12, No 2 (2021): E-DIMAS

Pelatihan Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Menyusun Soal Higher Order Thinking Skill

Supriyadi Supriyadi (Universitas Negeri Semarang)
Ani Rusilowati (Universitas Negeri Semarang)
Wiwi Isnaeni (Universitas Negeri Semarang)
Rizki Winarsih (Universitas Negeri Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2021

Abstract

Pelatihan bagi guru sekolah dasar dalam menyusun soal HOTS bertujuan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh guru sekolah dasar yang ada di kota Semarang. Keterbatasan pengetahuan guru sekolah dasar mengenai perbedaan soal HOTS dan soal LOTS, ciri-ciri soal HOTS, serta cara penyusunan dan pengembangan soal HOTS menjadi masalah utama yang dibahas. Solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan pelatihan secara langsung kepada guru sekolah dasar mengenai prosedur penyusunan dan pengembangan soal HOTS. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 September 2019 di gedung aula C401 Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode pedagogi genre-4M meliputi tahap membangun konteks, memberikan pemodelan, mengonstruksi secara bersama, dan mengonstruksi secara mandiri. Hasil yang didapatkan dari pelatihan ini yaitu terjadi peningkatan pemahaman peserta mengenai perbedaan soal HOTS dan LOTS, ciri-ciri soal HOTS, serta cara penyusunan dan pengembangan soal HOTS. Skor pretes kompetensi guru sebesar 32 dan skor postesnya sebesar 63. Jadi peningkatan kompetensi guru dalam membuat soal HOTS sebesar 0,4 dengan kategori sedang.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

e-dimas

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal E-Dimas (Educations-Pengabdian kepada Masyarakat), dengan nomor ISSN 2087-3565 (cetak) dan ISSN 2528-5041 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Jurnal E-Dimas merupakan jurnal yang ...