AbstrakTujuan penelitian mengetahui pengaruh model pembelajaran teams games tournaments terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas V SDN Kemantren Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen equalization of treatment (kesamaan perlakuan) yang bertujuan untuk mengungkapkan hubungan sebab dan akibat. subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berumur minimal 10 tahun SDN Kemantren Paciran Lamongan yang berjumlah 18 siswa. Berdasarkan analisa kemampuan siswa kelas V SDN Kemantren Paciran Lamongan setelah diberikan treatment berupa model pembelajaran teams games tournaments, diperoleh hasil rata-rata nilai yaitu 55,41 dan nilai = 3,64 > = 1,74 dengan signifikan t yaitu 5% atau 0,05 dan meningkat sebesar 12,23%. Jadi terdapat pengaruh Model pembelajaran teams games tournaments terhadap hasil belajar passing bawah bolavoli siswa kelas V SDN Kemantren Paciran Lamongan Tahun Ajaran 2018/2019.Kata kunci: Model TGT, Passing Bawah Bolavoli
Copyrights © 2020