Penanaman perilaku disiplin pada anak usia dini salah satunyadapat melalui metode bercerita, karena dalam cerita terdapat pesan ceritayang dapat membantu anak mengenal dan belajar melakukan perilakudisiplin yang ingin dibentuk pada anak.Penelitian ini dilakukan di TK Duhung Palangkaraya denganpopulasi sejumlah 34 orang anak yang terbagi dalam 2 kelompok. Kelompok1 adalah anak kelompok B 1 sebagai kelompok control dengan jumlah anaksebanyak 17 orang dan anak kelompok B2 yang berjumlah 17 orang sebagaikelompok eksperimen.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatifdengan pendekatan eksperimen. Pola dari rancangan kegiatan penelitiandengan True Experimental Design menggunakan bentuk control group pretest-post-test Sebelum data dianalisis maka terlebih dahulu dilakukan ujiprasyarat analisis yaitu uji normalitas menggunakan uji One SampleKolomogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Uji HomogenitasOne Way Anova. Perhitungan data dibantu dengan perhitungan jenis SPSSversi 17. Hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa metode berceritayang diberikan, memberi pengaruh pada kedisiplinan anak usia dini yaituanak kelompok B2 TK Duhung Palangkaraya.
Copyrights © 2017