Publish Date
30 Nov -0001
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) aktivitas guru dansiswa selama penerapan Quantum Learning, 2) hasil belajar siswa setelahpenerapan Quantum Learning, 3) respon siswa terhadap penerapanQuantum Learning. Penelitian ini dilakukan pada semester II tahun ajaran2018/2019 dengan subjek penelitian siswa kelas VIII-3 SMPMuhammadiyah Palangka Raya sebanyak 23 siswa. Instrumen penelitianberupa lembar aktivitas guru dan siswa, soal tes akhir, dan angket responsiswa. Tes akhir sebanyak 5 butir yang telah ditelaah oleh tiga rater denganhasil telaah bahwa soal tes akhir dapat digunakan. Berdasarkan lembarobservasi aktivitas secara keseluruhan aktivitas guru dan siswa terlaksanadengan baik. Hasil tes individu pertemuan pertama tingkat ketercapaiansiswa 77,12% dan ketuntasan klasikal 81,82% dengan 18 siswa yang tuntas.Pertemuan kedua dan ketiga, tingkat ketercapaian siswa mencapai 78,91%dan ketuntasan klasikal sebesar 91,30% dengan siswa 21 siswa yang tuntas.Pertemuan keempat, tingkat ketercapaian siswa mencapai 88,77% danketuntasan klasikal sebesar 100% dengan 23 siswa yang tuntas. Hasil tesakhir dengan tingkat ketercapaian siswa mencapai 82,38% dan ketuntasanbelajar secara klasikal sebesar 90%. Pada hasil angket respon diperolehrata-rata jawaban siswa 84,75% dengan kriteria tinggi yang artinya secaraumum siswa merespon positif terhadap penerapan Quantum Learningselama proses pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2020